Mengenal Pinjaman Dana Online

Pinjaman dana online adalah sebuah pinjaman berbasis online yang disediakan oleh Fintech. Fintech merupakan kependekan dari "Financial" dan "Technologi" yang berarti sebuah inovasi dalam bidang Jasa Keuangan.

Berdasarkan data yang dikutip dari website OJK terdapat 99 perusahaan fintech yang sudah berizin dan terdaftar di OJK. perusahaan tersebut diantaranya :

Pinjaman online menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana tanpa harus tatap muka. dan tentunya akan sangat menarik perhatian karna pinjaman dana yang ditawarkan langsung cair dan tanpa jaminan.

Dan berdasarkan data di atas sudah banyak perusahaan fintech yang ada di Indonesia bahkan masih banyak lainnya yang belum terdaftar di OJK.

Bukan hal yang mengejutkan dengan menjamurnya perusahaan fintech, yang pada dasarnya di karenakan oleh perubahan gaya hidup pada masyarakat Indonesia. Perubahan tersebut diantaranya dengan meluasnya penggunaan internet dan teknologi pada semua kebutuhan masyarakat dari mulai ujian online, belanja online, bisnis online, hingga pinjaman dana online.

Menurut informasi yang dikutip dari www.online-pajak.com, Pinjaman Online juga memiliki jenis-jenis pinjaman layaknya pinjaman konvensional. Jenis pinjaman tersebut dibedakan berdasarkan jumlah pinjaman, tenor (jangka waktu pinjaman), suku bunga, agunan dan tujuan pembiayaan. Berikut jenis-jenis pinjaman tersebut.

1. KTA. Kredit Tanpa Agunan adalah produk pinjaman online pribadi yang tidak mensyaratkan agunan/jaminan atas kredit yang diajukan nasabah. Namun, pada umumnya penyedia aplikasi atau jasa pinjaman dana online menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syarat utama pengajuan KTA.

2. Kredit Karyawan. Pinjaman karyawan adalah produk yang dirancang khusus bagi karyawan yang aktif bekerja di sebuah instansi, perusahaan, badan usaha maupun lembaga. Syarat utama pinjaman ini di antaranya SK Pengangkatan PNS/Pegawai Tetap, rekomendasi pejabat/atasan yang berwenang dan slip gaji.

3. Kredit Kendaraan. Saat ini kredit mobil maupun motor dapat diajukan secara online. Sayarat utama pinjaman ini di antaranya adalah slip gaji, memiliki tempat tinggal sendiri dan uang muka (DP) sesuai ketentuan.

4. KPR. Kredit Pemilikan Rumah adalah fasilitas pinjaman bagi nasabah yang ingin membeli rumah dengan cara mencicil. Sejumlah fintech yang bekerjasama dengan bank juga telah menyediakan fasilitas KPR online.

5. Pinjaman usaha. Kredit usaha adalah pinjaman dengan tujuan permodalan usaha. Pinjaman usaha online tidak hanya disediakan oleh bank melainkan fintech yang beroperasi melalui website.

Kini masyarakat hanya perlu memiliki Gadget dan koneksi internet untuk mendapatkan pinjaman dana layaknya pinjaman konvensional, dan bahkan dengan syarat yang lebih mudah dari Pinjaman Dana ke Bank. (Fitrian Chandra Yoga)


Sumber :

https://www.finansialku.com/definisi-fintech-adalah/

https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Penyelenggara-Fintech-Terdaftar-di-OJK-per-Februari-2019.aspx

https://www.online-pajak.com/finansial/pinjaman-online